Rabu, 14 Maret 2012

DIES NATALIS XIII FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA 2012


Term Of Refference (TOR)
Dies Natalis Pendidikan Ners ke-13
FKp UNAIR
“Sportive and Competitive Enterpreneur for Health Science Center”

  1. PENDAHLUAN
Program Studi Ilmu Keperawatan (Pendidikan Ners) Universitas Airlangga yang berdiri sejak 7 April 1999 sudah memasuki tahun ke-13 (lebih dari satu dasawarsa) dalam berkiprah membangun profesionalisme keperawatan di indonesia. Pendirian program studi ilmu keperawatan merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan, dan Lembaga terkait lain yang mengadakan lokakarya secara intensif sejak tahun 1998. Sebagai langkah selanjutnya, maka pada bulan Desember 1998 dibentukklah kelompok kerja keperawatan di konsorsium ilmu kesehatan FK Unair. Fakultas kedokteran Universitas Airlangga telah ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK Dirjen Dikti No: 122/Dikti/Kep./1999. Selanjutnya pada tanggal 20 Juni 2008 berdasarkan  SK Rektor Nomor 5404/JO3/OT/2008 ditetapkan bahwa PSIK FK UNAIR berubah status menjadi Fakultas Keperawatan.
Perkembangan pendidikan Ners dari sebuah Program Studi menjadi fakultas Keperawatan di lingkungan universitas Airlangga merupakan bukti nyata bahwa institusi tersebut senantiasa berupaya untuk berkembang secara dinamis dan senantiasa memenuhi tuntutan masyarakat. Perkembangan pendidikan Ners menjadi Fakultas tersebut membutuhkan media untuk mengeksplorasi potensi civitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga . Bertepatan dengan 13 tahun merupakan waktu yang tepat untuk diselenggarakan upaya tersebut. Berdasarkan kebutuhan pengembangan fakultas dan potensi civitas diluar potensi akademik maka Dies Natalis kali ini diharapkan dapat menampung aspirasi tersebut sehingga tema “Sportive and Competitive Enterpreneur for Health Science Center” dianggap perlu dan sesuai.

  1. LANDASAN KEGIATAN
  • SK Penjabat Dekan FKp UNAIR NO.  419  /H3.1.12/KD/2012
  • Tri Dharma Perguruan Tinggi
  1. NAMA KEGIATAN
    Dies Natalis Pendidikan Ners ke-13 FKp UNAIR
    “Sportive and Competitive Enterpreneur for Health Science Center”
  1. TUJUAN KEGIATAN
    1. Memperingati 13 tahun  Program Studi Ilmu Keperawatan (Pendidikan Ners)  Universitas Airlangga.
    2. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  1. MANFAAT KEGIATAN
    1. Meningkatkan harmonisasi antar civitas akademika, institusi lain dan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan.
    2. Menjaring minat, bakat, dan prestasi mahasiswa FKp khususnya dan keperawatan pada umumnya melalui kegiatan olahraga, seni, ilmiah dan sosial dalam bidang keperawatan.
    3. Meningkatkan kemampuan organisasi mahasiswa FKp Universitas Airlangga.
    4. Mengembangkan kemampuan,minat dan bakat mahasiswa FKp Universitas Airlangga dalam bidang entrepreneur.
    5. Menumbuhkan jiwa kompetisi yang sportif.
  1. SASARAN
    a)          Civitas akademika Universitas Airlangga.
    b)          Mahasiswa Kesehatan se-Jawa Bali
    c)          Mahasiswa Keperawatan se-Jawa Timur Bali 
    d)          Masyarakat umum lingkungan UNAIR
  1. JENIS DAN DESKRIPSI KEGIATAN
  1. Nursing Cup Sports Competition Lomba olahraga  terdiri dari lomba Bola volley, Badminton,  Futsal dan Tenis meja pada tanggal 5-6 Mei 2012. Lomba volli dilaksanakan di GOR UNAIR, Lomba futsal dilaksanakan di Auditorium UNAIR, Lomba tenis meja dilaksanakan di FKp UNAIR, dan Lomba Badminton dilaksanakan di  GSG UNAIR, dengan sistem gugur. Sasarannya adalah semua mahasiswa dari seluruh fakultas di lingkungan Universitas Airlangga  dan seluruh mahasiswa kesehatan se Jawa - Bali
  2. Opening Ceremony, Senam Aerobik, Lomba Tumpeng, Pelepasan Balon, dan Fun Games. Opening ceremony akan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Keperawatan Unair dengan pelepasan balon. Senam aerobik dalam hal ini merupakan acara olahraga bersama agar tercipta keharmonisasian dari seluruh civitas akademika Universitas Airlangga dan masyarakat pada umumnya. Lomba tumpeng yang dimaksudkan agar terciptanya kebersamaan antar civitas akademika FKp UNAIR. Fun games diikuti oleh mahasiswa,dosen beserta karyawan FKp UNAIR agar terciptanya rasa memiliki  dan berbagi antar civitas akademika FKp UNAIR.
  3. Closing Ceremony, Jalan Sehat, Senam Aerobik, Entrepreneurship Bazaar. Closing Ceremony yang akan ditutup langsung oleh Rektor UNAIR atau yang mewakili. Senam bersama yang dilanjutkan dengan Jalan sehat, senam aerobik, sarapan bersama, pengundian hadiah Jalan Sehat, dan Penyerahan hadiah pada pemenang Nursing Cup Sport Competition mengundang seluruh civitas akademika UNAIR dan masyarakat sekitar lingkungan kampus C UNAIR. Entrepreneurship bazar dari civitas akademika FKp Unair dan karya ilmiah mahasiswa bidang kewirausahaan yang berminat menyajikan hasil dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K).
  4. LKTI Keperawatan se-Jawa Bali dan Ners Choir Competition se-Jawa Timur Bali Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Enhance Nursing Research to Achieve MDGs” dan sub tema Reduce Child Mortality, Improved Maternal Health, dan Combat HIV/AIDS, malaria and other contagion. LKTI diperuntukkan bagi mahasiswa program studi keperawatan se-Jawa Bali untuk mencetak bibit-bibit profesi keperawatan yang mempunyai tingkat keilmiahan yang unggul. Ners Choir Competition yang diperuntukkan untuk mahasiswa program studi keperawatan se-Jawa Timur Bali dan mahasiswa dari seluruh fakultas di Universitas Airlangga dengan tujuan untuk memperkenalkan menunjukkan keeksistensian paduan suara dari FKp Unair dan menggalang persahabatan antar paduan suara keperawatan se-Jawa Timur Bali
  5. Pengabdian Masyarakat FKp Universitas Airlangga Pengabdian masyrakat ini dilaksanakan oleh seluruh civitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga di Taman Bungkul Surabaya yang terdiri dari tenda kesehatan yaitu pemeriksaan tekanan darah dan gula darah gratis dan konsultasi kesehatan.
*INFO: 
Add me:                Facebook Dies Natalis FKp UA
Follow me:           Twitter @DN13_FKpUA

0 komentar:

Posting Komentar