Sabtu, 17 Maret 2012

Airlangga Career Fair and Scholarship Expo 2012

"Salah satu indikator proses pendidikan yang berkualitas adalah produk lulusan dalam waktu singkat dapat diserap oleh pasar kerja. Pada umumnya, mereka memerlukan waktu yang relatif lama untuk mendapatkan pekerjaan, bukanlah semata-mata disebabkan oleh kurangnya kesempatan kerja, tetapi sebagian besar mereka ada keterbatasan keterampilan mencari kerja, mencari informasi kesempatan kerja, dan gagal dalam proses rekruitmen.Hal ini terjadi karena mereka tidak dipersiapkan untuk menjalani proses tersebut,” jelas Tubiyono, Ketua Panitia pelaksanaan Airlangga Career Fair, Maret 2012. “Lulusan tersebut gagal seleksi rekrutmen disebabkan bahwa mereka tidak memahami menulis surat lamaran dan menyusun riwayat hidup (curriculum vitae) yang efektif, serta tidak mempunyai strategi dan persiapan yang memadai dalam menghadapi wawancara,” jelasnya.

Banyaknya para pencari kerja yang diprediksi masih kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan karena keterbatasan informasi berbagai lowongan pekerjaan yang diharapkan dapat berkomunikasi  atau dapat langsung bertatap muka dengan para perusahaan pencari kerja di dalam menyampaikan kebutuhan formasi dan kualifikasi tenaga kerja yang diinginkan. Hal ini disebabkan oleh karena sedikitnya akses bagi para lulusan Diploma, Sarjana, dan Magister untuk mendapatkan informasi pertama dari pihak-pihak (perusahaan) pencari kerja terhadap berbagai hal berkaitan dengan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan.

Berdasarkan fakta tersebut, Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universistas Airlangga memfasilitasi lulusan dengan memberikan solusi atas permasalahan keterbatasan akses bagi para lulusan perguruan tinggi melalui kegiatan Airlangga Career Fair (ACF). Para lulusan diberikan kesempatan untuk mendapatkan akses lowongan pekerjaan ke berbagai perusahaan dengan memberikan wadah ACF ini. Kegiatan ACF memberikan kesempatan suatu perusahaan untuk mengisi lowongan atau formasi kerja dengan berbagai jabatan/posisi dari berbagai perusahaan kepada pencari kerja yang berlangsung di Auditorium Kampus C Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo Surabaya. Kegiatan ini terbuka untuk umum baik lulusan, mahasiswa Universitas Airlangga, maupun dari perguruan tinggi lain.

0 komentar:

Posting Komentar