Senin, 02 April 2012

Penalaran Leadership Training (PLT) 2012

Pelatihan kepemimpinan merupakan suatu kegiatan penting yang dibutuhkan dalam suatu organisasi agar anggotanya mampu memahami mekanisme pelaksanaan struktur organisasi yang digelutinya tersebut. Hal ini yang dirasa perlu dimiliki oleh anggota UKM Penalaran UNAIR. Tanggal 31 Maret 2012, tepatnya hari sabtu menjadi hari yang dipilih oleh UKM Penalaran UNAIR untuk melaksanakan kegiatan "Penalaran Leadership Training (PLT)". Mungkin kebanyakan hari sabtu lebih digunakan untuk bermalas-malasan di rumah setelah 5 hari melakukan rutinitas kuliah, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat anggota Penalaran untuk mengikuti kegiatan PLT.

Acara PLT dilaksanakan di Aula Student Center UKM UNAIR pada pukul 9 pagi. Acar dimulai dengan diawali sambutan dari perwakilan Badan Pengurus Harian (BPH) yaitu Yanis, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Faisal selaku ketua kegiatan. Acara inti pun dimulai dengan materi tentang birokrasi yang disampaikan oleh Yanis selaku pemateri. Materi yang disampaikan oleh Yanis terkait dengan masalah pembuatan proposal kegiatan, surat izin kegiatan, dan pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ). Materi pertama diakhiri pukul 10.30 dengan sesi tanya jawab.

Sesi berikutnya adalah materi dari Valuhuddin Rizal, beliau ini adalah Ketua UKM Penalaran UNAIR tahun 2009. Materi kedua berisi tentang manajemen organisasi. Dengan ulasan materi yang menarik dan proaktif dari peserta, membuat suasana siang itu menjadi lebih hidup. Sesi kedua diakhiri pada pukul 11.30, selanjutnya diadakan ice breaking dan games, kemudian dilanjutkan dengan ishoma.

Pukul 13.00 acara dilanjutkan kembali oleh materi yang ketiga tentang analisis SWOT oleh pemateri Arifin (Alumni ITS), dalam materi ini diulas tentang bagaimana cara memahami suatu masalah, bagaimana cara mengambil keputusan yang baik, dan sebagainya. Beliau mengatakan bahwa, analisis SWOT berarti Strengths and Weaknesses untuk bagian internal suatu organisasi, Opportunities and Threat untuk bagian eksternal organisasi. Meskipun materi ketiga merupakan materi yang terakhir, namun dengan ulasan yang menarik, serta proaktif maka metri ketiga ini juga sangat berkesan.

Acara PLT pun berakhir pukul 15.00. Dari salah satu peserta yang merupakan anggota baru UKM Penalaran UNAIR mengatakan bahwa, acara PLT ini sangat bermanfaat untuk bekal anggota baru dalam memahami suatu organisasi yang digelutinya. Untuk kedepannya semoga anggota penalaran semakin baik dan berkualitas di bidang penalaran ini.

0 komentar:

Posting Komentar